Berapa Kali Dada Nabi Muhammmad SAW Dibelah ?

Author
Tengku Rangkang

Nabi Muhammad adalah Rasul akhir zaman, berbagai mukjizat allah berikan kepada Rasul, salah satunya adalah dibelah dada nabi Muhammad SAW oleh Malaikat Jibril Alaihis Salam yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran batin dan setiap sifat buruk pada nabi.

Pembelahan dada nabi berlangsung sebanyak empat kali yaitu:

Pertama Ketika nabi masih dalam asuhan Halimatus Saa’diah, yaitu ketika beliau berumur tiga atau empat tahun, malaikat jibril membelah hati nabi dan membersihkannya dan mengisi dengan ilmu dan iman kemudian mengembalikannya ke tempat semula, hikmahnya adalah supaya nabi tumbuh besar dalam kondisi yang paling sempurna dan tidak nakal sebagaimana anak anak pada umumnya.

Kedua Ketika nabi  berusia sepulu tahun, supaya ketika ia baligh, nabi dalam keadaan paling bagus  dan paling mulia akhlak.

Ketiga ketika ia hendak dibangkitkan menjadi Rasul, supaya ia menerima ilmu dan Al-Quran  dalam keadaan yang bersih dan suci.

Keempat pada malam isra’ dan mi’raj, karena baginda Rasul akan bertemu penduduk langit yang mulia, para malaikat dan para nabi nabi, bermunajat kepada Allah dan melihat-Nya, maka secara keseluruhan, malaikat jibril membelah dada Nabi Muhammad Rasulullah SAW sebanyak empat kali.

Referensi: tafsir Shawi Surat Al Insyirah.

belah dada nabiMaulidmukjizatRasul
Tengku Rangkang

Tengku Rangkang

Teungku Rangkang, adalah nama Penanya. Seorang Ustadz Pesantren Al-Fathani Darussalam. Sehari-harinya mengajar kitab kuning, selain kesibukan mengajar, beliau juga gemar menulis intisari dari berbagai kitab kuning, sehingga bisa dibaca oleh semua kalangan melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *