Surat Al-Ikhlash dan Kelebihannya

Author
Tengku Rangkang

Surat Al-Iklash salah satu surat Makkiyah, yaitu surat-surat yang diturunkan di Mekkah, dinamakan surat Al Ikhlash karena kandungannya yang membersihkan Allah dari segala bentuk penyekutuan dengan makhluk, karena makna ikhlash sendiri adalah bersih, bersih dari segala bentuk penyekutuan.

Kelebihan surat al ikhlash sangat banyak diantaranya adalah sebagaimana hadist rasulullah SAW:

من اراد ان بنام علي فراشه فنام علي يمينه قرأ قل هو الله احد مائة مرة فاذا كان يوم القيامة يقول له الرب عز و جل يا عباد ادخل بيمينك الجنة

Barangsiapa yang ingin tidur di atas kasurnya sebelah kanannya, maka hendaklah membaca surat Al Ikhlash sebanyak seratus kali, maka apabila tibalah hari kiamat, Allah SWT berkata padanya: wahai hambaku, masuklah dengan langkah kananmu ke dalam syurga.

dalam hadist yang lain Rasulullah SAW juga bersabda:

من قرأ قل هو الله احد حمسين مرة غفرت له ذنوب حمسين سنة

Barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlash lima pulu kali, maka diampunkan dosa baginya lima puluh tahun.

di hadist yang lain Rasulullah bersabda:

من قرأ ( قل هو الله احد ) عشرين مرة بني له قصر في الجنة و من قرأ عشرين مرة بني له قصران و من قرأها ثلاثين مرة بني له ثلاثة قصور في الجنة ، قال عمر ابن الخطاب يا رسول الله اذا تكثر قصورنا ؟ فقال رسول الله اوسع من ذلك

Barangsiapa membaca surat Al Ikhlash sepuluh kali, dibangunkan baginya sebuah istana dalam syurga, dan barangsiapa membaca surat Al Ikhlash dua puluh kali, dibangunkan baginya dua istana dalam syurga, dan barangsiapa membaca surat Al Ikhlash tiga puluh kali dibangunkan baginya tiga istana dalam syurga, kemudian Umar Bin Khatab bertanya kepada Rasulullah, wahai Rasulullah ! Jika demikian, banyaklah istana kami ? Rasulullah menjawab: iya, bahkan lebih dari itu.

dalam hadist yang lain nabi menyebutkan:

من قرأ قل هو الله احد في مرضه التي يموت فيه لم يفتن في قبره و أمن من ضعطة القبر وحملته الملائكة يوم القيامة بأكفها حتي تجيزه من الصراط الي الجنة

Barangsiapa membaca Surat Al Ikhlash ketika sakit menjelang kematian, maka ia tidak mendapatkan azab kuburnya, atau aman dari himpitan kubur, dan malaikat membawanya pada hari kiamat dengan sayapnya sehingga ia melewati sirath menuju syurga.

من قرأ قل هو الله احد حين يدخل منزيله نفت الفقر علي اهل ذلك المنزل و عن الجيران

Barangsiapa membaca Surat Al Ikhlash pada ketika masuk rumahnya, maka hilanglah kefakiran dari keluarganya dan tetangganya.

من قرأ قل هو الله احد مرة بورك عليه ومن قرأها مرتين بورك عليه و علي اهله ومن قرأها ثلاث مرات بورك عليه وعلي جميع جيرانه ومن قرأه اثني عشر مرة بني الله اثني عشر قصرا

Barangsiapa membaca Surat Al Ikhlash sekali, maka Allah memberkahinya, dan barangsiapa yang membaca Surat Al Ikhlash dua kali, maka Allah akan memberkahinya dan keluarganya, dan barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlash tiga kali, maka Allah akan memberkahinya dan seluruh tetangganya, dan barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlash dua belas kali, Allah akan membangun dua belas syurga kepadanya di dalam syurga.

Pada masa Rasulullah, seorang laki laki mengadu kepada Rasulullah tentang sempitnya ekonomi yang ia hadapi, kemudian Rasulullah menyarankannya untuk memberikan salam ketika ia masuk rumahnya, jika di dalamnya tidak ada seorang pun, maka bacalah shalawat kepadaku, lalu bacalah Surat Al Ikhlash sekali, kemudian laki laki tersebut mengamalkan sebagaimana perintah Rasulullah SAW, kemudian Allah melancarkan rizki kepadanya dan juga kepada tetangga sekitarnya.

diantara kelebihan surat Al Ikhlash yang lain adalah barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlash seratus ribu kali, maka ia telah membeli nyawanya kepada Allah, sehingga diserukan kepadanya diakhirat kelak, bukankah si fulan telah dibebaskan Allah dari api neraka, tapi dengan ketentuan ia tidak ada menyangkut hak apapun dengan manusia lain.

al ikhlashdoaquranrizkisyurga
Tengku Rangkang

Tengku Rangkang

Teungku Rangkang, adalah nama Penanya. Seorang Ustadz Pesantren Al-Fathani Darussalam. Sehari-harinya mengajar kitab kuning, selain kesibukan mengajar, beliau juga gemar menulis intisari dari berbagai kitab kuning, sehingga bisa dibaca oleh semua kalangan melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *